MUSLIMAH-Ketika Anda tidak bisa terbuka, Anda sama saja hidup sendiri.

Mengapa sulit sekali bersikap terbuka dengan pasangan? Anda bisa jujur bertanya pada diri sendiri. Apakah karena Anda takut dia marah besar mendengar kejujuran yang keluar dari mulut Anda? Apakah jika Anda bercerita, dia akan selalu menghina Anda dan mengingatkan Anda dengan kesalahan yang pernah Anda lakukan?

Bagaimanapun juga, isi kepala setiap orang berbeda. Maka berbagilah suka dan duka Anda dengan pasangan agar bonding Anda berdua makin menguat dari waktu ke waktu. Kejujuran memang seringkali pahit. Tapi rasa pahit di awal, jika disikapi dengan hati dan kepala tenang, insya Allah akan berbuah manis di kemudian hari. Rumah tangga Anda akan terasa indah, tanpa kebohongan, tanpa rahasia.

Jika mulut Anda masih enggan terbuka, tanpa disadari, sikap Anda pun tak bisa sehangat dulu. Gestur dan perilaku Anda begitu terjaga, demi Anda tak ingin kelepasan berbicara. Ini justru bisa menjadi api dalam sekam bagi hubungan suami istri.

Relakah Anda, cinta dan kesetiaan pasangan akan menguap karena sikap Anda yang enggan terbuka. Dan tanpa Anda sadari, Andalah yang mengakhiri hubungan Anda.