MUSLIMAH-Ketika seseorang mampu bertindak manipulatif terhadap pasangannya, ini tanda hubungan tersebut sudah tidak sehat.

Gaslighting adalah sebuah aksi memanipulasi seseorang secara psikologis. Gaslighting bisa disebut sebagai sebuah kekerasan emosional. Mengapa? Karena pelakunya dapat mengakibatkan korban mempertanyakan kewarasannya dan menyerahkan kontrol hidup sepenuhnya pada si pelaku.

Bayangkan jika pasangan Anda melakukan gaslighting. Dari hal kecil saja, seperti “Kan aku sering bilang ke kamu bahwa…” atau “Kamu itu selalu mengada-ada!”. Pernyataan-pernyataan tersebut lambat laun akan menghancurkan kepercayaan diri Anda, membuat Anda merasa bersalah, dan akhirnya membuat Anda merasa tidak mampu mengerjakan sesuatu dalam hidup ini.

Dan ketika Anda mulai mempertanyakan atau mencoba mendiskusikannya dengan pasangan , dia akan menyangkal habis-habisan. Realitas yang Anda jalani justru disebut ilusi oleh pasangan.

Sebelum Anda kehilangan kontrol diri, hubungi keluarga terdekat. Jangan ragu untuk mencari pertolongan agar hidup Anda tidak hancur. Jika psikologi Anda sudah stabil kembali, bicarakan dengan tegas dengan pasangan. Berilah motivasi agar ia mau sembuh dari ‘penyakit’nya dan menjalani rumah tangga dengan baik.