MUSLIMAH-Wahai para suami, ketika istri yang memiliki golden heart meninggalkan Anda, hancurlah hidup Anda.

Dalam perjalanan pernikahan, bukan tak mungkin banyak riak hadir. Belum lagi sikap pasangan yang seringkali berseberangan dengan Anda. Tapi jika ditelisik, apa yang membuat Anda kesal sebenarnya bukanlah hal yang melanggar prinsip atau hakiki.

Anda memiliki standar kepuasan yang tidak realistis. Misalnya saja, Anda memiliki dua balita tapi bersikeras ingin rumah yang bersih dan super rapi saat pulang kerja. Dengan mendengus kesal, selalu saja menegur “kamu ini seharian di rumah ngapain aja sih???” hanya mainan si kecil berserakan di depan tv. Padahal tanpa Anda tahu, istri sudah membereskan mainan itu berkali-kali. Tapi karena anak yang sangat aktif, mainan pun kembali dimainkan. Lagi, dan lagi.

Ketika batinnya terlukai, ia terus berdoa agar Anda mau menerima kondisi yang tidak seideal bayangan Anda. Seperti dia menerima diri Anda yang tentu saja juga bukan sosok sempurna. Tapi ketika Anda tak pernah berhenti melukainya, jangan salahkan bila ia memilih menepi. Meninggalkan Anda, meski untuk sejenak.

Dan jika itu terjadi, yakinlah bahwa hidup Anda akan hancur. Berkeping. Tidak akan pernah terasa sama indahnya seperti saat ia berusaha melengkapi hidup Anda dengan sekuat tenaga.