MUSLIMAH-Anak kelak akan dewasa. Biarkan mereka belajar dari kesalahan yang pernah mereka lakukan. Its a trial and error process.

Untuk bisa berjalan, seorang anak harus belajar untuk bangkit lagi setelah terjatuh. Jika tidak, ia akan merasa takut untuk mengulang proses belajar berjalan. Hingga akhirnya, ketakutan itu bisa menjadi sedemikian kuat dan menghambat perkembangan motoriknya.

Itu adalah satu contoh nyata dari apa yang kita sebut trial and error. Anak akan belajar dari kesalahannya. Dan kelak, ia akan dapat memahami bahwa segala tindakan yang ia perbuat akan melahirkan konsekuensi yang harus dijalani.

Jadi, ketika orangtua berusaha sekuat tenaga melindungi anak dari rasa sakit, itu sama saja melemahkan anak. Dengan merasa sakit, anak akan menjadi lebih tangguh. Dan ketika selalu ‘terlindungi’, dampak psikologisnya akan sangat besar jika kelak ia besar dan masuk ke realitas kehidupan yang tak seindah masa kecilnya.

Biarkan anak belajar memahami rasa sakit, tuntun anak untuk memperbaiki kesalahannya, dan lihatlah betapa ia sanggup menaklukkan dunia.