MUSLIMAH- Islam merupakan agama yang paling sempurna, termasuk dalam beribadah. Kewajiban beribadah kepada Allah tidak hanya semata-mata untuk menggugurkan amanah kita sebagai umat manusia, tapi ada keajaiban Allah didalamnya. Termasuk dalam gerakan shalat. Allah tidak pernah memerintahkan manusia untuk melakukan atau menjauhi sesuatu tanpa tujuan baik di dalamnya.

Selain shalat lima waktu, kita sangat dianjurkan untuk menunaikan shalat sunah seperti shalat tahajud. Sebagian kalangan menganggab, ibadah shalat malam ini adalah yang paling berat, sebab saat malam hari adalah waktu dimana tubuh beristirahat. Namun, tahukah anda, keajaiban Allah ada di dalamnya? Sebagian dari kita sering kali berpikir kenapa harus malam hari, ternyata ada banyak sekali rahasia Allah yang tidak pernah kita sadari.

Membuat Penampilan Menjadi Lebih Menarik

Rasullulah S.AW bersabda bahwa barangsiapa yang laksanakan shalat tahajud, maka Allah akan menjadikan wajahnya menjadi tampan atau cantik di waktu siang hari. Kecantikan dan ketampanan ini tidak hanya secara lahiriah saja, namun batiniah. Dengan mendekatkan diri kedapa Allah, maka kita akan terhindar dari segala keburukan.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sumber utama penyakit berasal dari pikiran sendiri. Banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa stress akan berakibat pada gangguan metabolisme tubuh seperti penyakit jantung, maag akut, diabetes dan sebagainya. Lemahnya daya tahan tubuh ini membuat kita mudah sekali terserang penyakit. Keajaiban Allah terletak dalam shalat tahajud ini salah satunya adalah menjaga daya tahan tubuh. Dengan pikiran yang tenang serta jauh dari stress, kita akan senantiasa memiliki tubuh yang kuat.

Shalat Tahajud Mencegah Resiko Penyakit Diabetes

Secara ilmiah dibuktikan bahwa, shalat tahajud mampu menurunkan kadar kortisol. Kortisol inilah yang sangat berperan meningkatkan kadar gula dalam darah melalui rangsangan peningkatan metabolisme karbohidrat. Dengan naiknya kadar gula dalam darah ini, seseorang mudah sekali terkena diabetes. Melakukan shalat tahajud secara rutin, ternyata mampu mengurangi resiko diabetes dengan menurunkan kortisol secara alami.

Menurunkan Resiko Penyakit Hipertensi dan Hipotensi

Dengan melaksanakan shalat tahajud, otak melepaskan serotonin, melatonin serta beta endorsin yang membuat kondisi psikologis manusi amenjadi lebih tenang. Keadaan inilah yang menyebabkan homeostasis terjaga. Ketika keseimbangan homeostatis ini terganggu, seseorang akan mudah terkena penyakit darah tinggi atau darah rendah. Dengan melaksanakan shalat tahajud, pikiran akan menjadi lebih tenang dan mengurangi stres, sehingga sistem kekebalan tubuh terjaga.

Membantu Kemoterapi

Kemoterapi untuk kanker seringkali menimbulkan berbagai macam efek samping. Efek samping tersebut antara lain lemas, mual, muntah, gangguan pencernaan, rambut rontok, infeksi bahkan pendarahan. Tidak hanya itu, kanker juga menyebabkan penderita stress berat sehingga menggangu fungsi metabolisme tubuh. Perlu diingat, stress adalah sumber utama munculnya penyakit. Senantiasa melakukan shalat tahajud bisa menurunkan kadar stress seseorang karena mampu membuat penderita merasa lebih tenang.

Keajaiban Allah dalam shalat tidak hanya tentang kedekatan hati kita dengan sang maha pencipta, namun juga untuk kesehatan. Allah maha tahu apa yang terbaik untuk hamba-hambanya. Segala perintah Allah selalu bertujuan untuk kebaikan dan kesejahteraan manusia, termasuk keajaiban Allah dalam shalat ini. Mengimani Allah tidak hanya terbatas pada melakukan apa yang harus kita lakukan dan menjauhi larangannya saja, tapi pada hal-hal sunnah. Seperti yang tertuang dalam hadizt, shalat tahajud mampu memberikan ketenangan, menghindarkan kita dari penyakit serta mendatangkan rezeki.