MUSLIMAH-Mengerjakan shalat lima waktu dalam sehari adalah kewajiban setiap muslim. Orangtua haruslah memperkenalkan rukun Islam kedua ini sedini mungkin kepada anak. Dengan demikian, diharapkan anak akan terbiasa shalat sejak kecil dan tidak merasa berat hingga kelak dewasa.

Namun, tentu bukan perkara mudah untuk menjelaskan kepada anak, mengapa seorang muslim harus mengerjakan shalat lima waktu setiap hari. Jika orangtua menjelaskan bahwa shalat adalah perintah Allah yang harus menjadi kebutuhan bagi setiap muslim, juga tentang shalat sebagai sarana komunikasi kepada Allah, anak tentu sulit memahaminya.

Bagaimana membuat anak menyadari kewajiban shalat lima waktu?

Orangtua bisa memulainya dengan memperlihatkan betapa Allah sudah memberikan nikmat tak terkira kepada anak. Badan yang sehat, pakaian yang bagus-bagus, mainan yang banyak, juga makanan lezat yang tersaji di meja makan, adalah tanda betapa Allah sangat menyayangi umat muslim.

Bukankah setiap kita diberikan sesuatu oleh orang lain hendaknya mengucapkan terima kasih? Dan jika kita tidak mau berterima kasih, tentu akan membuat marah orang yang telah memberi. Nah, shalat adalah cara seorang muslim berterima kasih kepada Allah karena telah diberi rezeki yang berlimpah. Penjelasan simple tersebut insya Allah dapat dimengerti oleh anak.