Man using scissors to remove the word can't to read I can do it concept for self belief, positive attitude and motivation

MUSLIMAH-Untuk meraih kesuksesan dalam hidup, dibutuhkan akhlak karimah lebih dari sekadar kecerdasan intelektual.

Sebagai seorang muslim, kita harus wajib bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Kita seringkali menganggap bahwa rezeki hanyalah seputar materi di dunia. Kita kerap lupa bahwa keimanan, keteguhan hati untuk berjalan di jalan kebenaran, kesehatan fisik dan mental, keluarga yang bahagia, dan teman-teman yang selalu siap membantu, adalah rezeki yang membuat hidup kita menjadi sangat ‘berkecukupan’.

Sebagai muslim pula, kita seharusnya menyadari bahwa dibutuhkan lebih dari sekadar kepintaran untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Otak ber-IQ tinggi bukan jaminan seseorang akan bisa mewujudkan cita-citanya.

Lantas apa yang paling dibutuhkan untuk meraih kesuksesan?

Tak lain adalah positive attitude alias perilaku positif. Sebagai muslim, kita dapat mengartikannya sebagai kekuatan positif yang memadukan ikhtiar dan tawakkal secara seimbang dalam setiap usaha menjemput rezeki dan mewujudkan cita-cita. Ketika gagal, tidak pesimis. Ketika terjatuh, tidak takut bangun lagi. Dan keberanian tersebut muncul disertai dengan kemauan untuk memperluas pengetahuan, mengevaluasi kesalahan, dan menghindari kesalahan yang sama.

Positive attitude termasuk juga bersyukur. Karena siapa bersyukur, maka Allah akan tambah nikmat untuknya.