MUSLIMAH-PNS masa kini tak perlu risau dengan jumlah gaji yang diterima karena tunjangan per bulan bisa mencapai puluhan juta. Masih malas kerja nyata?

Gaji yang diterima (take home pay) seorang Pegawai Negeri Sipil terdiri dari gaji pokok dan tunjangan. Saat ini gaji pokok tidak diukur berdasarkan lama masa kerja, tetapi mengacu pada beban pekerjaan, cakupan tanggung jawab, dan risiko pekerjaan.

Di tahun 2018, gaji pokok tertinggi seorang PNS dapat mencapai Rp 14,3 juta. Ini belum ditambah tunjangan.

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dikenal sebagai instansi pemerintah dengan gaji karyawan tertinggi. Tunjangan pegawai pangkat terendah Rp 5,36 juta dan tunjangan tertinggi Rp 117, 37 juta setiap bulan. Sebuah angka yang fantastis, apalagi setelah ditambah gaji pokok.

Instansi pemerintah lain yang juga memberikan gaji hingga puluhan juta rupiah adalah Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, Mahkamah Agung, dan Kementerian Hukum dan HAM. Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota DKI Jakarta bahkan menjadi instansi dengan tunjangan PNS tertinggi hingga mencapai Rp 127 juta.

Wow, sungguh angka yang fantastis. Angka tersebut haruslah ‘dibayar’ dengan kinerja produktif demi menyejahterakan rakyat Indonesia. Jangan korupsi waktu dan tenaga!