Muslimah – Lulur atau body scrub sudah lama dikenal di Indonesia sejak zaman nenek moyang kita. Ada banyak jenis lulur tradisional yang tersebar di berbagai pelosok nusantara dengan berbagai ciri khas dan khasiat. Lulur digunakan sebagai salah satu perawatan kecantikan maupun sebagai terapi kesehatan. Berikut jenis lulur tradisional yang digunakan turun temurun oleh perempuan Indonesia.

Lulur Kuning Jawa

Mengandung bahan dasar sari tepung beras, kunyit, temu giring, dan pandan wangi. Fungsinya mendinginkan kulit, hingga tampak kuning langsat, bersih, dan halus. Cara penggunaan: campur bubuk lulur bersama air mawar hingga diperoleh campuran yang pekat. Gosok dengan gerakan memutar agar sisa sisa sel kulit mati berjatuhan bersama sisa lulur yang mengering.

Boreh

Boreh adalah ramuan yang berasal dari Bali. Boreh ada bermacam-macam. Salah satu jenisnya yaitu boreh anget yang terbuat dari campuran Jahe , kencur, temulawak, mesoyi, cengkeh, pala,merica hitam, kapulaga, kayu manis, beras merah/putih. Boreh anget baik untuk mengobati masuk angin, juga sangat bermanfaat menghilangkan keletihan dan kram otot.

Lulur Bengkuang

Terbuat dari ekstrak buah bengkuang yang memiliki khasiat mencerahkan kulit secara alami. Kulit terlihat bersih, cerah, dan segar. Lulur ini sudah dikenal oleh para puteri keraton Jawa sebagai salah salah satu rahasia kecantikan mereka. Manfaat lulur ini adalah mengangkat sel kulit mati, menghilangkan bau badan, memberi nutrisi pada kulit, mencerahkan serta menjaga kelembapan kulit agar tidak keriput.

Bedda Lotong

Salah satu perawatan kulit khas Bugis adalah bedda lotong. Terbuat dari beras yang disangrai sampai berwarna hitam, parutan kunyit, asam jawa, dan sedikit air. Sebelum digunakan, adonan lulur didiamkan semalam hingga mengembang dan lembut. Bedda lotong biasanya digunakan calon pengantin untuk mendapatkan kulit yang halus, lembab , dan segar. Khairiyah Amien