MUSLIMAH- Ketombe yang membandel memang sangat menyebalkan. Bayangkan saja kalau kita harus garuk-garuk kepala karena ketombe tak kunjung hilang dari kulit kepala. Tentu akan jadi masalah yang sangat besar bagi rambut juga. Apakah anda juga mengalami masalah dengan kulit kepala yang berketombe? Kini tak perlu khawatir lagi. Ketombe di kepala anda yang sangat membandel itu akan hilang dalam sekejab setelah anda melakukan beberapa tips di bawah ini. Berikut ini akan disampaikan beberapa  tips ampuh tentang cara Menghilangkan ketombe. Mari menyimak ulasan di bawah ini.

  1. Jangan pakai sembarang sisir

Kok ada hubungannya antara ketombe dan sisir? pasti pertanyaan itu sempat terlintas di benak anda. Nah, mari simak dulu fakta ini. Sisir yang dipakai berganti-ganti itu memiliki resiko yang lebih tinggi untuk penularan jamur dari kulit kepala. Kalau anda suka pinjam sisir ke teman-teman anda atau meminjamkan sisir anda kepada mereka, sebaiknya kebiasaan ini segera  dihentikan. Jangan sampai jamur yang menempel di kulit kepala teman anda itu pndah kepada anda. Benar bukan?

  1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung ke kulit kepala anda

Ketika siang hari, anda mungkin harus banyak melakukan aktifitas di luar. Nah, sekarang hati-hatilah. Paparan sinar matahari bisa sampai ke kepala anda secara langsung. Apa itu bisa jadi masalah? tentu saja iya. Sinar ultraviolet yang langsung mengenai kulit kepala akan memberikan efek yang negative juga. Jadi mulai sekarang pakailah topi ketika keluar rumah atau harus melakukan aktiftas anda di siang hari.

  1. Hati-hati memilih shampoo

Lhoh? Shampo anti ketombe kan banyak. Ini mungkin juga terlintas di kepala anda. Memang ada banyak sekali produk shampo yang dijual di pasaran. Harganya pun bervariasi. Namun anda harus berhati-hati dalam memilih produk shampoo yang aman bagi rambut berketombe. Berkaitan dengan shampoo, ada satu tips yang harus anda tahu. Pilihlah shampoo yang berbahan natural. Ada banyak jenisnya. Tapi harganya memang sedikit agak mahal. Jangan sekali-kali memilih shampoo anti ketombe. Meskipun namanya shampoo anti ketombe, termyara shampoo jenis ini justru akan memperparah ketombe anda.

  1. Jangan terlalu stress

Berdasarkan penenlitian, stress berefek buruk bagi kesehatan kulit kepala. Bila terlalu stress  banyak pikiran, maka kepala pun akan terasa panas. Dan hal ini akan memberikan efek yang buruk bagi kulit. Bila kulit kepala panas, maka rambut pun akan mudah rontok dan kulit kepala akan mudah berketombe.

  1. Jangan terlalu sering keramas

Nah inilah yang kadang anda lakukan. Karena ingin memiliki rambut yang bersih dan wangi, maka anda pun mencuci rambut setiap hari. Dan hasilnya justru sebaliknya. Rambut anda akan terlalu panas dan nanti akhirnya muncul banyak ketombe. Ada baliknya anda atur jadwal keramas anda. Bisa jadi dua hari sekali. Atau juga bisa tiga hari sekali.

  1. Jangan meninggalkan bekas shampoo di rambut

Kadang karena terburu-buru, tanpa sadar adna meninggalkan sisa shampoo di kulit kepala. Nah, segera bilaslah dengan menggunakan air bersih.

Itulah beberapa tips tentang cara Menghilangkan ketombe. Nah, sekarang anda perlu mencoba semua tips di atas. Bila ketombeb masih saja membandel, ada baiknya kalau anda pergi ke dokter. mungkin ada sesuatu yang salah dari kulit kepala anda. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat bagi anda semuanya.