MUSLIMAH- Kita memang sudah tahu bahwa setiap manusia pasti akan mengalami penuaan. Dan ini bersifat wajar. Tubuh yang mengalami penuaan berarti anda harus siap dengan penurunan fungsi tubuh. Lalu, bisakah kita mencegahnya? Beberapa waktu lalu kami sudah mengupas tuntas tentang penyebab penuaan dini. Diantaranya adalah gaya hidup yang salah seperti mengkonsumsi makanan berlemak dan tidak sehat, kurang berolahraga, tidak merawat wajah dan lain sebagainya. Disamping itu, stress juga menjadi pemicu utama seseorang mengalami penuaan dini. Karena itu, anda wajib menjada pola makan dan mengontrol tingkat stres anda, agar sistem kekebalan tubuh tidak turun.

Menghindari gejala penuaan dini dirasa kurang cukup. Nutrisi untuk mempertahankan elastisitas kulit sangatlah perlu. Berikut adalah makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan anda.

  • Wortel

Wortel merupakan sayuran ajaib yang mampu melindungi kulit dari akibat radikal bebas. Tidak hanya itu, sayuran warna orange ini kaya akan vitamin A yang baik sekali untuk kesehatan mata. Anda yang sering terpapar sinar matahari bisa menggunakan wortel sebagai sumber utama untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

  • Paprika Merah

Satu sayuran lagi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan kulit anda. Paprika merah. Sayuran ini selain lezat juga kaya akan betakaroten dan vutamin C. Fungsi utama dua senyawa tersebut adalah untuk membantu tubuh proses pembentukan kolagen. Kolagen inilah yang berfungsi mampu mengencangkan kulit anda.

  • Stroberi

Anda beruntung bila sangat memfavoritkan buah yang satu ini karena mengandung banyak sekali vitamin C serta asam elagik. Asam elagik ini berfungsi mencegah kerusakan DNA yang berakibat pada kerutan. Sementara vitamin C, terkenal untuk kesehatan kulit seperti menyamakan warna kulit, menghilangkan jerawat dan lain sebagainya.

  • Anggur

Anggur mengandung anthocyanins yang mampu mencegah vena melilit. Disamping itu, anggur membantu pembentukan kolagen dan memperkuat pembulh darah. Hal ini sangat penting untuk pendistribusian oksigen dan membuang racun di dalam tubuh.

  • Bawang Bombay

Bawang bombay tidak hanya mampu menambah cita rasa makanan, namun mampu berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi DNA anda. Tidak hanya itu, bawang bombay berfungsi sebagai anti alergi dan peradangan.

 

  • Alvocado

Alvocado atau alpukat mengandung vitamin E yang sangat bagus untuk merangsang pembentukan sel-sel baru. Tidak hanya itu, alvocado terkenal mampu mengencangkan kulit karena menguatkan jaringan kolagen sehingga kulit terlihat kencang.

  • Kentang

Kentang tidak hanya digunakans ebagai pengganti nasi. Kandungan natriumn dan alkalin yang tinggi mampu memperbaiki fungsi hati sehingga mampu bekerja secara optimal.

  • Apel

Siapa yang tidak suka makan apel? Kandungan plavanoidnya berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan kanker. Tidak hanya itu, kanker juga mampu melawan kolestrol yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung.

  • Ikan

Ikan sangat baik untuk kesehatan tubuh dengan kandungan omega 3 yang begitu kaya. Kandungan zat inilah yang bisa menjaga kelenturan kulit dan menenangkan peradangan.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan asam oleat atau lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga berfungsi sebagai antiperadangan. Oleskan minyak ini untuk membersihkan sisa make up dan dan juga bisa digunakan untuk masker.

Itulah sejumlah makanan ajaib yang harus anda miliki di dalam dapur. Pastikan ada selalu mengkonsumsi makanan sehat ini agar tubuh tetap sehat dan awet muda.