MUSLIMAH- Siapa yang tidak ingin memiliki wajah cantik? Setiap wanita tentu sangat ingin tampil cantik, sehat dan segar. Tidak heran jika wanita membeli sejumlah produk perawatan. Begitu juga wanita hamil. Seorang wanita yang sedang hamil cenderung terlihat cepat dan mudah sekali lelah. Hal ini menyebabkan mereka tidak bisa tampil sempurna di setiap kesempatan. Namun, sayangnya banyak wanita yang tetap menggunakan kosmetik saat hamil. Padahal jelas, memakai kosmetik saat hamil sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan janin. Sebelum anda memutuskan untuk membeli peralatan make up, ada baiknya anda mengetahui jenis kosmetik yang tidak boleh dipakai wanita hamil. Karena itu sebelum anda membeli kosmetik, sebaiknya anda memperhatikan kandungan bahan-bahan berikut ini.

 

  • Merkuri

 

Sudah banyak sekali kampanye yang menyebarkan berita tentang bahaya yang terkandung di dalam merkuri. Merkuri dapat mengganggu kesehatan janin yang akhirnya bisa berdampak pada kerusakan syaraf dan perkembangannya. Tidak hanya itu, merkuri sangat berbahaya bagi sang ibu karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti kanker kulit, gangguan ginjal dan sebagainya.

 

  • Salicyl Acid

 

Salicyl Acid atau yang biasa disebut dengan BHA adalah formula yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Formula ini biasanya berbentuk gel atau krim. Bagi orang biasa, pemakaian gel ini dinilai aman selama konsumsi maksimal adalah 2%. Tapi untuk ibu hamil, hal ini sangatlah berbahaya.

  • Retinoid

Retinoid adalah turunan vitamin A yang berfungsi membantu tubuh melakukan regenerasi kulit. Khusus pada ibu hamil, penggunaan retinoid ini dinilai sangat berbahaya karena bisa membuat bayi mengalami cacat menatal dan cacat fisik.

 

  • Benzoil Peroxide

 

Bahan ini sangat mudah sekali diserap oleh kulit bahkan sebanyak 5%. Meskipun belum ada penelitian yang jelas soal bahaya benzoil peroxide ini, ada baiknya anda menghindarinya

  • Hydroquinone

Hydroquinone adalah bahan yang dimasukkan dalam krim pemutih dan ini mutlak harus dihindari oleh ibu hamil. Pemakaian hydroquinone saat hamil dapat menyebabkan bayi mengalami kerusakan otak pada janin.

 

  • Soy

 

Soy adalah kedelai yang berfungsi sebagai fituestrogen yang mengakibatkan ibu hamil memiliki bercak hitam.

  • PABA

Bahan ini adalah singkatan dari Para Amino Benzoic Acid. Biasanya bahan ini ada di dalam tabir surya. Bahan ini jika digunakan oleh ibu hamil akan mengakibatkan terganggunaya keseimbangan hormon.

Rhodamin

Rhodamin ini biasanya terdapat pada warna-warna kosmetik yang mencolok. Bahan ini dilarang digunakan pada kosmetik karena berbahaya. Jenis ini biasanya digunakan pada pewarna tekstil. Pemakaian kosmetik mengandung Rhodamin bisa mengakibatkan kanker kulit dan cacat janin.

Benzophenone-3

Merupakan bahan yang terdapat juga pada tabir surya. Pemakaian dalam jangka panjang mengakibatkan ketidakseimbangan hormon yang seharusnya dihindari ibu hamil.

Itulah jenis-jenis bahan dalam kosmetik yang harus dihindari. Ada baiknya anda selalu mengkonsultasikan dulu kepada dokter jenis-jenis kosmetik yang bisa anda pakai selama hamil. Jangan pernah membeli kosmetik di toko secara sembarangan, terlebih-lebih produk-produk yang dijual secara online dan tidak mencantumkan BPOM nya. Ini akan mengancam kesehatan anda dan juga bayi anda.

Memang, merawat kulit saat hamil sangat tidak mudah. Tapi bila anda jeli, anda bisa mencari bahan-bahan tradisional yang bisa anda gunakan untuk mempercantik kulit anda. Tentunya juga aman untuk sa calon bayi. Jangan lupa juga untuk makan-makanan bergizi dengan mengkonsumsi buah, sayur, ikan dan daging dengan komposisi yang pas. Kecantikan tidak hanya dari luar. Tanpa make up pun kalau anda bis amenjaga kesehatan, anda pasti akan terlihat mempesona.