MUSLIMAH – Aktivitas yang begitu sibuk sehari-hari tidak saja mendatangkan kelelahan bagi tubuh. Indera penglihatan Anda pun ikut lelah dibuatnya.

Kelelahan pada mata memang kerap tak disadari. Meski mata terasa berat, hal itu tak dijadikan masalah bagi banyak orang sebagai gangguan. Padahal, gangguan tersebut mengindikasikan mata Anda lelah. Ada beberapa cara sederhana yang dapat membantu mengusir kelelahan mata. Berikut caranya, seperti dipaparkan Wikihow.

Cuci muka dengan air dingin

Memercikkan air dingin di wajah sebenarnya tidak membangunkan Anda secara langsung. Karenanya, Anda hanya perlu melakukannya dengan memercikkan air kurang lebih tiga kali untuk mendapatkan hasil efektif menyegarkan mata.

Menenggelamkan wajah di air dingin

Cobalah untuk menenggelamkan wajah ke dalam mangkuk berisi air dingin. Intensifikasi air dingin dalam mangkuk akan membantu menyegarkan wajah. Tenggelamkan kurang lebih 30 detik dan ambil nafas dalam-dalam sebelumnya. Dan segera angkat wajah untuk mendapatkan udara segar setelah 30 detik.

Handuk air dingin

Untuk menyegarkan kembali mata lelah, berikan perawatan mata yang menenangkn. Istirahatkan mata beberapa menit dengan menutup mata sejenak. Kemudian letakkan handuk yang sudah direndam air dingin di atas mata Anda. Mata Anda pun kembali segar.