contrast shower

MUSLIMAH – Merawat diri dengan mandi secara rutin tentu membantu membersihkan kulit secara maksimal. Meski demikian, Anda tetap perlu melakukannya dengan cara yang benar agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Seringkali, ketika mandi menggunakan shower misalnya, banyak orang tidak menyadari melakukan hal sepele yang justru membuat kulit jadi bermasalah. Hindari kesalahan berikut ini jika Anda tak ingin kulit Anda menjadi korbannya.

Pilih suhu optimal

Suhu shower tidak boleh di atas 95 derajat. Kita sering mandi dengan suhu air yang terlalu panas tetapi sebenarnya ini merupakan kesalahan umum yang banyak dilakukan orang. Anda harus sadari bahwa suhu air yang sangat tinggi dapat menyebabkan dehidrasi, kekeringan dan pengelupasan kulit. Selain itu, air yang sangat panas akan menghilangkan minyak dari kulit secara berlebihan. Ini akan membuat kulit tidak dapat mempertahankannya untuk melawan bakteri dan zat berbahaya.

Jangan mandi terlalu lama

Usahakan mandi tak lebih dari 10 menit. Jika mandi terlalu lama, dapat berpotensi memunculkan jerawat dan kulit yang bermasalah.

Produk busa tidak sebaik yang Anda pikirkan

Beberapa sabun berbusa mengandung surfaktan dimana fungsinya terdiri dari ikatanmolekul lemak dengan molekul air. Jika Anda melihat shower gel terlalu berbusa itu karena di dalamnya mengandung kelebihan zat jenis ini di dalamnya. Sadarilah bahwa semakin banyak busa yang dihasilkan sabun atau gel semakin banyak minyak dari kulit akan tereliminasi. Hal ini akan menyebabkan kulit jadi kasar dan kering. Tak dianjurkan pula menggunakan sabun antibakteri kecuali direkomendasikan dokter. Selalu beli sabun yang mengandung pH 5,5 karena ini merupakan tingkat alkali yang aman untuk kulit.