MUSLIMAH-Jika Anda seorang fresh graduated, jangan terlalu sombong memilih pekerjaan.

Salah satu ‘penyakit’ anak baru lulus kuliah terkadang perasaan bahwa mereka dapat memilih pekerjaan semau mereka. Merasa diri sudah memiliki bekal super hebat, apalagi mereka yang meraih IPK 3 koma. Walhasil, lamaran yang dikirim menyasar perusahaan-perusahaan multinasional, BUMN, atau produsen top brand. Ketatnya persaingan kerja, membuat waktu tak terasa berjalan cepat. Satu tahun selepas lulus, belum tentu mendapat kerja di perusahaan impian.

Tahukah Anda, ada hal yang lebih penting dari sekadar memilih pekerjaan di perusahaan ternama. Hal itu adalah pengalaman. Jika memang perusahaan tersebut menawarkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan background pendidikan, skill, atau passion Anda, don’t waste your time. Pengalaman bekerja adalah sesuatu yang sangat berharga untuk mengantarkan Anda ke gerbang kesuksesan. Pengalaman-pengalaman yang Anda anggap ‘kecil’ akan menjadi besar jika dijalani sebaik mungkin.

Jangan terlalu jadi pemilih. Merendahkan hati dan meninggikan prestasi di manapun berada, itu yang akan menyukseskan karier Anda.