kue tradisional

Indonesia tidak hanya dikenal sebagai sebuah negara dengan keanekaragaman suku dan budaya saja, tetapi berbagai macam kuliner di dalamnya juga sangat beragam. Mungkin para wisatawan yang datang ke Indonesia akan terkejut dengan banyaknya hidangan khas dari berbagai daerah yang mengusung cita rasa berbeda.

Berbicara mengenai makanan khas dan tradisional di tanah air memang tidak ada habisnya, namun ada satu kategori makanan dimana masih belum banyak orang tahu dari jenis-jenisnya yakni kue tradisional. Ternyata ada banyak hidangan kue khas Indonesia mempunyai banyak rasa dan tentu saja dari visualnya sangat menarik.

Mungkin Anda masih belum tahu apa saja hidangan kue khas dari berbagai daerah yang selama ini sudah mendunia. Untuk lebih jelasnya berikut berbagai macam hidangan kue dengan cita rasa tinggi.

Macam-Macam Kue Tradisional Indonesia

Onde-Onde

Satu hidangan kue dimana banyak orang mengenalnya. Bentuknya bulat berwarna coklat dan ditaburi oleh biji wijen. Bentuknya memang sudah tidak asing lagi dan biasanya di dalam bulatan kue tersebut sudah tersedia kacang hijau atau coklat sesuai dengan selera. Makanan ringan satu ini sering digunakan sebagai oleh-oleh.

Kue Talam

Salah satu kue tradisional Indonesia adalah kue talam. Mungkin Anda sering menjumpai kue talam di acara arisan.  Masih kurang dimengerti kenapa nama dari kue tersebut menggunakan talam, tetapi yang jelas rasa dari kue tersebut sangat nikmat. Komposisi bahan dari tepung beras, tepung sagu dan rasa pandan membuat kue ini banyak dicari.

Kue Cucur

Berbagai orang sering mengkonsumsi kue cucur sebagai santapan di sore hari. Berbagai bentuk dari kue cucur juga sangat beragam, dan satu lagi rasa gula merahnya sangat menggoda selera. Memang kue cucur ini sangat cocok digunakan sebagai santapan di kala waktu senggang.

Kue Putu

Satu lagi kue tradisional yang memiliki nama di Indonesia adalah kue putu. Tekstur dari kue ini terlihat kenyal dan keunikan lainnya adalah penjualnya yang identik dengan bunyi siulan. Aroma khas pandan sering menjadi satu karakteristik dari kue putu ini. Rasa dari kue putu memang lebih lembut dikarenkan menggunakan bahan dari tepung beras saja.

Kue Lapis

Kue lapis menjadi salah satu kue tradisional dimana memiliki tekstur Kenyal dan terdiri dari 2 atau 3 warna. Memang sudah tidak asing lagi bagi para pemburu kuliner, namun ketenaran dari kue lapis ini masih tetap eksis sampai hari ini dikarenakan bentuk dan warnanya yang lucu. Tidak hanya dari tampilan warna saja, tetapi dari rasanya juga sangat lezat.

Donat Gula

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar kue donat dimana sudah jadi satu makanan khas bagi masyarakat di Indonesia, dari banyaknya variasi kue donat, ada satu yang masih eksis di nikmati yakni donat gula. Kue dengan bentuk bundar ini memang tidak bisa dilupakan dari segi rasa dan keunikannya.

Itulah beberapa menu kue tradisional yang selama ini bisa jadi pilihan Anda dalam menikmati akhir pekan. Menyantap kue khas di atas akan terasa nikmat jika didampingi dengan minuman pelengkap dan suasana santai. Anda bisa menjumpai berbagai kue tersebut di beberapa tempat seperti kios roti atau di pasar tradisional. Meski berada di tengah persaingan makanan modern dan instan ternyata kue-kue dengan cita rasa tradisional Indonesia masih tetap bertahan. Selain rasa, dari segi harga juga jauh lebih murah.