Worcestershire Sauce

Menu masakan di belahan dunia memang terlihat menarik dan memiliki cita rasa tinggi. Tetapi dari tampilan serta rasa lezat tersebut tidak lepas dari pelengkap seperti kecap dan saos. Nah, kali ini kita akan membahas satu bahan masakan yang menjadi pelengkap dari sebuah makanan yang sering kita lihat yakni saos. Tentu saja kita sudah pernah mencicipi rasa dari saos dari rasa tomat sampai super pedas.

Tetapi kita tidak membahas jenis saos di dalam negeri saja, tetapi kali ini kita akan membahas ragam saos dari mancanegara. Memang terdengar aneh, tetapi setiap masakan negara lain mempunya resep saos yang berbeda tentu saja dari tekstur, warna, dan rasanya.

Saos merupakan sebuah cairan yang digunakan dalam memasak ataupun bisa dihidangkan pada saat disantap sebagai penambah rasa. Lalu apa saja jenis saos dari makanan di luar negeri?

Ragam Saos Dari Mancanegara

Worcestershire Sauce

Worcestershire Sauce

Saos ini berasal dari Inggris yang sudah dikenal dengan rasanya yang lezat. Worcestershire Sauce menjadi satu saos dengan komposisi kecap asin, rempah-rempah, cabai molasses, dan cuka. Tentu saja cirarasa dari saos tersebut sangat gurih dan memiliki warna agak kecoklatan serta dijual dalam bentuk kemasan botol. Biasanya saos dari Inggris ini diperuntukkan untuk masakan steak, sup, dan tumisan ala masakan China.

Tabasco Sauce

Tabasco Sauce

Salah satu ragam saos dari mancanegara ini lebih dikenal sebagai saos Mexico karena bahan utama pembuatnya adalah cabai merah Mexico. Nama saos Tabasco sendiri diambil dari sebuah nama derah di daerah Mexico yang menjadi tempat dimana bahan merica berasal. Rasa dari saos ini sangat pedas, asam, dan memiliki warna oranye. Rata-rata penjualan dari saos Mexico ini dalam bentuk botol kecil karena rasa pedasnya sangat menggila.

Salsa

salsa

Saos bernama Salsa ini berasal dari Mexico tetapi digunakan juga di beberapa negara seperti Spanyol. Bahan dari saos ini terbuat dari bawang bombai, tomat merah, dan digunakan sebagai saos celup. Biasanya saos Salsa ini diperuntukkan untuk hidangan burritos, nacos, dan tacos dimana menjadi hidangan khas ala Mexico.

Alfredo Sauce

Alfredo Sauce

Ragam saos dari mancanegara juga menyambar dari negara Italia dimana ada satu saos dengan nama Alfredo Sauce menjadi satu pelengkap menu masakan Italia. Bagi penduduk Italia, Alfredo Sauce tersebut digunakan sebagai pelengkap dalam makanan pasta. Bahan yang digunakan untuk membuat saos dari Italia tersebut terbuat dari susu, keju, merica hitam, susu, dan telur.

Pesto Sauce

Pesto Sauce

Saos Pesto ini memiliki warna berbeda dibandingkan jenis saos lainnya karena terkesan hijau segar dan mempunyai bahan-bahan alami seperti daun basil, olive oil, keju parmesan, bawang putih, dan pine nuts. Saos pesto tersebut berasal dari Italia utara dan memiliki arti yang cukup unik dimana Pesto memiliki arti dihancurkan atau dipukul. Banyak varian dari Pesto Sauce tersebut tetapi rata-rata rasa dari saos pesto tersebut terasa gurih dan beraroma wangi basil.

Bolognese Sauce

Bolognese Sauce

Salah satu ragam saos dari mancanegara ini memiliki bentuk yang unik dan rasanya dijamin mantap. Bolognese Sause ini dibuat dari daging cincang dan rempah-rempah. Asal dari saos ini dari Bologna, Italia dan dan konon katanya saos tersbeut dibuat pertama kali pada akhir abad ke 18. Rasa dari saos ini terasa manis asam dari tomat yang dipadukan dengan daging sapi.

Menarik jika membahas tentang ragam saos dari mancanegara. Indonesia juga memiliki saos dengan ragam rasa dan bahan pembuatnya, jadi jangan sampai Anda tidak mencicipi rasa dari saos tersebut.