Penyakit Gigi yang Paling Umum Serta Cara Mengobatinya


Mulut yang tidak dijaga secara maksimal akan menyebabkan berbagai penyakit mulut dan gigi. Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, mulut adalah bagian tubuh yang tidak boleh lepas dari perhatian. Jika tidak menjaga kesehatan mulut dengan baik, berbagai macam penyakit gigi dan mulut bisa saja akan menyerang Anda kapan saja.

Semua orang tentu pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Dan tentu Anda sudah tau bagaimana rasanya jika sedang sakit gigi, yah rasanya sungguh menyiksa. Namun apakah Anda tau apa saja faktor penyebab sakit gigi? Mari kita ulas lebih lengkap di bawah ini.

Penyebab Penyakit Gigi

Penyebab sakit gigi bisa terjadi karena berbagai hal seperti sering mengonsumsi makanan dan minuman manis, merokok, jarang menyikat gigi dan lain sebagainya. Untuk lebih tau penyebab serta jenis sakit gigi yang Anda alami, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter. Anda bisa melakukannya di forum kesehatan seperti di Halodoc. Di forum kesehatan tersebut Anda tidak hanya bisa konsultasi dengan dokter secara gratis, tapi juga bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan serta rekomendasi dokter yang tepat untuk menangani keluhan Anda.

Jika sudah mengetahui jenis penyakit gigi apa yang Anda alami, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat sakit gigi. Jika sakit gigi Anda tidak kunjung sembuh, segeralah kosultasikan keluhan Anda pada dokter di klinik atau rumah sakit. Mydents Dental Care Bintaro Sektor 9 adalah rumah sakit spesialis gigi dan mulut yang bisa Anda pilih karena di sana terdapat berbagai dokter spesialis gigi yang dapat mengatasi berbagai keluhan gigi Anda.

Kembali lagi pada berbagai penyakit gigi dan mulut, di bawah ini kami rangkum macam-macam sakit gigi dan mulut yang bisa saja menyerang Anda.

Penyakit Gigi yang Paling Umum Serta Cara Mengobatinya
Di bawah ini beberapa penyakit gigi serta bagaimana cara mengobatinya.

Gigi Berlubang

Penyebab sakit gigi berkepanjangan bisa saja terjadi karena adanya lubang pada gigi. Lantas apa sebenarnya yang menjadi penyebab lubang pada gigi? Karies atau lubang pada gigi terjadi karena adanya kerusakan jaringan gigi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara siklus demineralisasi dan remineralisasi.

Apabila proses demineralisasi terjadi secara menerus, maka akan menyebabkan terkikisnya lapisan enamel gigi yang akhirnya menyebabkan lubang pada gigi. Karies ini paling sering terjadi karena adanya bakteri, sering mengonsumsi makanan dan minuman manis berlebih serta plak pada gigi. Selain itu penyakit pada gusi, gigi sensitif, kurang kalsium juga menjadi penyebab penyakit gigi.

Cara terbaik untuk mengatasi kerusakan gigi ini adalah dengan sering menyikat gigi dua kali sehari setiap hari. Selain itu lakukan pemeriksaan secara rutin agar gigi Anda tetap terkontrol. Makanan dan minuman yang Anda minum juga harus diperhatikan seperti menghindari makanan tinggi gula agar pembusukan pada gigi tidak terjadi.

Erosi Gigi

Erosi atau dental erosion adalah kondisi dimana terkikisnya enamel gigi yang disebabkan oleh asam. Dimana enamel ini adalah lapisan keras yang melindungi dentin yang sensitif pada gigi. Apabila enamel terkikis, maka akan menyebabkan rasa sakit.

Erosi gigi terjadi karena sering mengonsumsi minuman ringan yang mengandung asam sitrat tinggi, mulut kering, obat-obatan, genetik dan gangguan pencernaan. Untuk mengatasinya, seringlah berkumur dengan air hangat untuk mengeluarkan sisa makanan yang tersangkut pada gigi. Dan paling penting jangan meletakkan aspirin pada bagian gigi yang sakit.

Gigi Abrasi

Penyakit gigi ini terjadi karena sering terjadinya gesekan yang terlalu kuat pada gigi. Biasanya gigi abrasi ini paling sering dialami oleh orang yang menggunakan kawat gigi. Menyikat gigi terlalu keras dan kuat juga dapat menyebabkan masalah gigi ini. Anda bisa mengatasinya dengan cara menggosok gigi dengan tepat dan jangan terlalu sering menggunakan tusuk gigi.

Mengalami sakit gigi memang sungguh menyakitkan. Maka dari itu teruslah menjaga kesehatan mulut dan gigi agar terhindar dari berbagai penyakit gigi. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Penyakit Gigi yang Paling Umum Serta Cara Mengobatinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel