7 Manfaat Jinten Hitam Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Manfaat Jinten Hitam Bagi Kesehatan

Jinten hitam atau yang juga populer dengan nama habattusauda tentunya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda. Karena ia kerap kali dijadikan sebagai bahan tambah dalam pembuatan beberapa jenis makanan. Namun selain itu saat ini juga banyak dikombinasikan dalam berbagai produk skin care untuk menjaga kesehatan kulit bahkan juga digunakan sebagai obat-obatan. Memang jika dilihat sendiri ada banyak sekali manfaat jinten hitam baik itu untuk pengobatan penyakit sampai dengan kecantikan.

Biji-bijian yang satu ini memang mengandung berbagai macam senyawa atau zat yang bagus sekali untuk tubuh manusia. Seperti diantaranya adalah kandungan karbohidrat, protein, lemak, kalium, asam linoleat, natrium, zat besi dan juga tinggi kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Jadi tak heran kini habbatussauda tersebut banyak dibudidayakan dan dipakai dalam berbagai macam industri. Berikut ini diantaranya serangkaian manfaat dari jinten hitam untuk kesehatan yang patut Anda ketahui, yaitu:
  • Mengobati hipertensi, tekanan darah tinggi dapat menjadi awal munculnya berbagai macam jenis penyakit yang lebih berbahaya, seperti diantaranya adalah gangguan pada jantung sampai dengan stroke. Dalam sebuah studi ditemukan bahwa dengan konsumsi jinten hitam ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi, namun harus dilakukan secara rutin, setidaknya selama delapan minggu.
  • Mengobati kolesterol, kolesterol juga termasuk momok munculnya beragam jenis penyakit, diantaranya adalah masalah kardiovaskuler sampai dengan stroke. Ternyata ekstrak dari jinten hitam tersebut jika dikonsumsi secara rutin juga dapat menekan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah, dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Sangat berkhasiat bukan.
  • Membantu untuk jaga kadar gula darah tetap stabil, sedangkan bagi Anda yang agaknya memiliki riwayat penyakit gula atau diabetes melitus. Seperti diantaranya adalah mengalami rasa mudah haus, mudah lelah sampai dengan kesulitan untuk berkonsetrasi. Maka bisa menjadikan jinten hitam ini sebagai salah satu terapi penyembuhan. Karena ia begitu bagus di dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah resistensi insulin. Sehingga nantinya tak akan memicu kondisi yang lebih serius.
  • Efek antiradang, habbatussauda ini juga mampu untuk mengurangi terjadinya peradangan, sudah dibuktikan berdasarkan uji klinis pada penderita asma, dimana ia dapat mengurangi keparahan atau frekuensi serangan asma tersebut. Selain itu beberapa jenis peradangan lain seperti diantaranya adalah sinusitis dan juga radang sendi maupun alergi juga dapat diatasi menggunakan bahan ini.
  • Dapat melawan infeksi, jinten hitam juga bersifat antibakteri maupun antivirus. Sehingga dapat melawan beberapa jenis virus seperti diantaranya adalah hepatitis C, flu sampai dengan HIV. Ia juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan dari bakteri maupun jamur di dalam tubuh.
  • Melindungi kesehatan hati, kandungan antioksidan yang ada dalam jinten hitam memang begitu tinggi, termasuk diantaranya adalah dapat melindungi kesehatan organ hati yang mudah sekali bermasalah, karena perannya yang memang sangat penting di dalam menetralkan racun dalam tubuh,
  • Mencegah penyakit kanker, sampai sekarang kanker masih menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang kandungan senyawa Thymoquinone yang terkandung di dalam habbatussauda ini dapat bekerja untuk melawan kanker dalam tubuh.
Banyak sekali bukan manfaat jinten hitam bagi kesehatan, selain itu sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya untuk kesehatan kulit, sehingga membuat banyak produk skincare yang belakangan ini mengaplikasikan bahan tersebut dalam pembuatannya.

Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat Jinten Hitam Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel